fb
Beranda » Blog » Berat Ideal Cincin Tunangan Berapa Gram? Ini Jawaban dan Tips Memilihnya

Berat Ideal Cincin Tunangan Berapa Gram? Ini Jawaban dan Tips Memilihnya

Diposting pada 30 September 2023 oleh Marketing Kotagede Jewellery / Dilihat: 417 kali

Cincin tunangan menjadi salah satu poin penting yang harus ada saat melamar si dia. Sebelum memilih cincin yang sekiranya cocok untuk momen tersebut, sebaiknya ketahui dulu berat ideal cincin tunangan berapa gram. Mengapa? Karena tentu saja ini berkaitan dengan budget yang harus Anda siapkan.

Pemilihan cincinnya sendiri sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan agar benar-benar pas di hati wanita yang akan mengenakannya. Ya, secara umum, cincin tunangan hanya wanita yang mengenakannya. Sedangkan yang pria tidak mengenakannya.

Berat Ideal Cincin Tunangan Berapa Gram?

cincin tunangan berapa gram.png

Cincin tunangan menjadi simbol bahwa wanita yang mengenakannya sudah dimiliki oleh seseorang. Cincin ini juga biasanya dikenakan secara sengaja untuk membatasi dirinya supaya tidak lagi digoda oleh orang lain.

Untuk berat cincin tunangan yang ideal sebaiknya kurang lebih 4 gram, terutama jika cincin tersebut akan di-custom sesuai keinginan sendiri. Tentunya ada beberapa alasan mengapa angka 4 gram menjadi berat yang ideal untuk cincin tunangan, dan beberapa alasan tersebut sebagai berikut.

1. Cincin dengan Berat Sekitar 4 Gram Bisa Ditambah dengan Ukiran Nama

Cincin yang dilengkapi dengan ukiran nama Anda bersama pasangan menjadi salah satu hal yang sangat menarik. Dengan adanya ukiran nama ini, cincin akan secara eksklusif menjadi milik Anda dan pasangan.

Supaya ukiran nama tersebut bisa terpampang dengan baik, sudah tentu cincinnya harus kokoh. Cincin dengan berat 4 gram tentunya memenuhi syarat tersebut. Kalau berat cincin yang dipilih lebih kecil dari itu, bisa saja cincin rawan patah. Apalagi jika cincin terus dikenakan sebagai perhiasan harian.

2. Cincin dengan Berat Sekitar 4 Gram Tidak Berongga

Dibandingkan dengan cincin yang beratnya di bawah 4 gram, tentu cincin yang beratnya 4 gram lebih baik walaupun model dan bentuknya sama. Sebab, cincin yang beratnya 4 gram kepadatannya lebih bagus dan sudah tentu bentuknya juga akan lebih sempurna serta tidak berongga.

3. Cincin dengan Berat Sekitar 4 Gram Lebih Kokoh serta Tahan Lama

Meskipun merupakan cincin tunangan, namun cincin ini juga diharapkan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Cincin yang bisa digunakan dalam waktu lama adalah cincin yang ukurannya juga tepat supaya tidak mudah patah karena ketebalannya juga ideal.

Dengan ketebalan yang ideal, Anda jadi tidak perlu khawatir sekalipun cincin tersebut dikenakan saat melakukan kegiatan sehari-hari. Baik itu saat terkena tekanan, saat terbentur, saat tergores sekalipun, cincin ini tidaklah rapuh.

Tips Memilih Cincin Tunangan yang Tepat

Sekarang sudah tahun kan berat ideal cincin tunangan berapa gram? Selain persoalan berat, pemilihan cincin tunangan juga harus didasarkan pada pertimbangan tertentu. Agar tidak salah pilih, sebaiknya simak beberapa tips memilih cincin tunangan yang tepat berikut ini.

1. Pilih Band yang Tepat

Band itu adalah sebutan untuk bagian cincin yang akan melingkari jari. Band bisa dibuat dari berbagai macam bahan seperti emas, platina serta kombinasi dari logam lainnya. Diantara semua bahan tersebut, emas menjadi salah satu bahan yang populer untuk pembuatan cincin.

Emas yang bisa dipilih ada dua macam, yakni emas kuning dan emas putih. Pilihan mana yang terbaik, ini bisa disesuaikan dengan selera orang yang akan memakainya. Untuk mendapatkan bocoran soal selera, Anda bisa memperhatikan koleksi perhiasannya.

2. Pilih Serta Permata yang Tepat

Setting merupakan sebutan untuk bagian cincin yang akan mengikat permata serta menempel pada band. Setting ini bisa tidak terlihat dan bisa juga berbentuk pagar. Ada beberapa cincin yang mengombinasikan antara band emas dengan setting platina.

Alasannya adalah karena kombinasi ini bisa menampilkan kilau warna yang khusus serta kontras. Setting yang cenderung aman untuk permata saat dipakai melakukan kegiatan sehari-hari ialah setting dengan bezel atau setting dengan setidaknya 6 pagar.

3. Pilih Ukuran Cincin yang Tepat untuk Jari Orang yang Akan Memakainya

Ukuran juga menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan dalam memilih ukuran cincin. Untuk mengetahui ukuran cincin pasangan sebenarnya adalah hal yang tidak sulit dilakukan. Anda bisa meminjam salah satu cincin yang sering dia kenakan.

Bawa cincin tersebut ke penjual supaya diketahui bagaimana ukurannya. Memilih ukuran cincin tidak bisa hanya dengan mengira-ngira, sebab salah ukuran bisa membuat cincin tersebut tidak terpakai. Sayang bukan?

Atau bisa juga dengan mengajak dia langsung ke penjual agar bisa memilih sendiri cincin yang mana yang sesuai untuk jari dan seleranya. Namun, cara ini kurang surprise karena dia sudah tahu bagaimana rupa cincin yang akan menjadi pertanda bahwa dirinya sudah dimiliki oleh seseorang.

Bisa juga sih sebenarnya Anda mengajak dia ke penjual langsung hanya untuk mengukur jarinya saja. Sebab dengan begini, penjual bisa tahu berapa ukuran yang pas untuk sebuah jari.

4. Pilih Jenis Batu yang Akan Menghias Cincin

Beberapa orang memang lebih suka dengan cincin yang polos tanpa ada variasinya. Namun beberapa yang lain lebih suka dengan cincin yang ada hiasannya. Hiasan cincin ini biasa disebut dengan batu. Batu penghias cincin ini sebenarnya macam-macam, bukan hanya berlian.

● Batu Mutiara

Batu mutiara menjadi salah satu pilihan populer untuk menggantikan ketidakhadiran berlian. Kalau Anda juga tertarik, tidak ada salahnya jika memilih batu mutiara yang ukurannya kecil supaya terlihat lebih elegan. Selain itu, batu mutiara dengan ukuran ini tidak mudah rusak atau tergores.

● Batu Safir

Batu safir terkenal dengan kilau warna yang mempesona namun juga tampak klasik. Batu ini terdiri atas berbagai pilihan warna yang diantaranya adalah kuning, putih, hijau serta biru.

● Batu Zamrud

Batu zamrud juga menjadi salah satu jenis batu yang banyak dipasang di cincin tunangan. Batu ini memberikan kesan yang modern jika settingannya tepat. Batu ini menampilkan warna kehijauan yang akan membuat cincin jadi lebih mewah ketika dikenakan.

● Batu Amethyst

Jika batu zamrud menampilkan warna kehijauan, batu amethyst memberikan warna keunguan. Hal ini membuat batu ini cocok bila dijadikan penghias cincin pengganti berlian. Batu amethyst terkenal sebagai batu yang tahan lama dan harganya juga sangat terjangkau.

● Batu Garnet

Kalau batu garnet, lebih tepat dipilih oleh Anda yang menginginkan sebuah cincin dengan tampilan antik serta klasik. Batu ini menampilkan kilau sedikit pink dan kemerahan dan sebenarnya juga cocok bisa dipadukan dengan mutiara.

5. Perhatikan Sisi Kepraktisan Cincin

Selanjutnya, penting juga memperhatikan sisi kepraktisan cincin. Apabila ternyata kekasih Anda merupakan orang yang aktif, sebaiknya pilih cincin yang bisa tahan terhadap pemakaian serta potensi kerusakan yang bisa diakibatkan oleh aktivitas konstan.

Upayakan agar posisi permata ini tidak terlalu tinggi supaya tidak mudah tersangkut baik itu di pakaian, di rambut maupun di benda yang lainnya.

Tetapi kalau Anda sendiri menginginkan cincin yang tampak glamor dan modis tanpa memperhatikan keaktifan pasangan, memilih permata yang dipasang tinggi tidak masalah.

6. Pilih Penjual yang Bagus

Satu hal lagi yang tidak kalah penting ialah pilih penjual yang bagus. Kalau mau dijabarkan, kata bagus di sini merujuk pada penjual yang membuat Anda merasa nyaman, pegawainya menyenangkan dan bisa memberikan saran terbaik kepada Anda.

——————

Jadi sudah terjawab bukan berat ideal cincin tunangan berapa gram? Setelah mengetahuinya, sekarang saatnya Anda berusaha mencari penjual yang bagus, bisa dengan bertanya pada teman, saudara atau kenalan.

Atau Anda bisa langsung saja mendatangi Hijaz Moslem Jewelry, toko cincin terpercaya, berpengalaman dan akan memberikan saran serta rekomendasi cincin terbaik untuk Anda.

Hijaz Moslem Jewellry

Jl. Gedongkuning Selatan No.97, Pringgolayan, Banguntapan

Bantul

Daerah Istimewa Yogyakarta 55194

Bagikan ke

Berat Ideal Cincin Tunangan Berapa Gram? Ini Jawaban dan Tips Memilihnya

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Berat Ideal Cincin Tunangan Berapa Gram? Ini Jawaban dan Tips Memilihnya

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: