fb
Beranda » Blog » Perbedaan Cincin Lamaran dan Nikah Terlengkap

Perbedaan Cincin Lamaran dan Nikah Terlengkap

Diposting pada 30 September 2023 oleh Marketing Kotagede Jewellery / Dilihat: 244 kali

Cincin lamaran dan nikah merupakan tanda bahwa sepasang kekasih sudah mantap dengan satu sama lain dan mau menjalin komitmen untuk bersama selamanya. Hal ini membuat cincin lamaran dan nikah menjadi barang penting.

Namun masih banyak orang yang bingung antara memilih cincin lamaran dan pernikahan. Tentu sebagai simbol sakral pernikahan, memilih cincin tidak boleh sembarangan, terlebih lagi cincin ini akan dipakai dalam jangka waktu yang lama. Eits, tapi tenang aja kami punya banyak rekomendasi yang oke dari @hijazmoslemjewelry.

Agar tidak salah membeli, maka tidak ada salahnya untuk mencari tahu perbedaannya terlebih dahulu. Berikut ini adalah daftar perbedaan dari kedua cincin tersebut :

 

Perbedaan Cincin Lamaran dan Nikah

1. Waktu Penggunaan

cara jawab kapan nikah jenius

Sesuai dengan namanya, maka penggunaan cincin lamaran dan nikah tentu berbeda. Cincin lamaran dipakaikan ketika pria melamar pasangannya. Hal ini bisa terjadi ketika lamaran tidak resmi maupun resmi.

Maksud dari lamaran tidak resmi adalah ketika memakaikan cincin dengan melamar pasangan untuk menjadi pacar atau kekasih, dengan hanya disaksikan sahabat dengan selebrasi khas cerita klasik atau hanya berdua saja.

Sedangkan lamaran secara resmi adalah ketika pasangan sudah serius dan akan melangsungkan ke jenjang pernikahan. Umumnya, lamaran resmi ini berlanjut dengan tunangan dan disaksikan oleh keluarga sebagai bukti keseriusan. Ada prosesi sesuai adat yang berlangsung di dalam acara lamaran resmi ini.

Untuk cincin nikah, tentu saja dipakai ketika menikah. Penggunaan pertama kali adalah saat prosesi akad nikah. Pengantin pria akan mengenakan cincin ke jari manis pengantin wanita dan begitu pula sebaliknya.

2. Pemakai

ust haikal hassan nikah nggak perlu duit

Jika melihat pada tradisi, maka cincin lamaran hanya digunakan oleh pihak wanita. Sebab, pihak pria lah yang mengajukan lamaran dengan cincin sebagai tanda bukti ikatan tersebut.

Nantinya cincin tersebut dipakai pihak wanita sebagai tanda bahwa dia sudah diikat oleh seorang pria dan serius dalam hubungan tersebut. Namun, pada masa sekarang, ada pula pasangan yang saling memakaikan cincin lamaran di jari pasangannya.

Sedangkan sesuai aturan, maka cincin nikah digunakan oleh pasangan yang sudah menikah. Maka baik pria maupun wanita akan mengenakan cincin yang sama selamanya. Cincin ini sebagai bukti ikatan yang tidak bisa dipisahkan.

3. Jumlah Cincin

persiapan nikah

Seperti yang dibahas di atas, maka jumlah cincin lamaran umumnya hanya ada satu. Sebab nantinya hanya pihak wanita yang akan mengenakannya. Namun, hal tersebut sering tidak berlaku di masa sekarang. terkadang saat lamaran juga sudah ada dua buah cincin yang akan dikenakan pihak pria dan wanita.

Sedangkan jumlah cincin nikah selamanya akan berjumlah dua, atau sepasang. Sebab, cincin ini akan dikenakan oleh pengantin pria dan wanita. Cincin ini berbentuk sama dengan ukuran yang menyesuaikan jari masing-masing.

4. Letak Pemakaian

cincin halal untuk pria

Di Indonesia, cincin lamaran umumnya dipasangkan di jari manis sebelah kiri. Hal ini dilakukan pihak pria kepada wanita. Belum ada penjelasan ilmiah tentang alasan pemakaian di jari manis kiri.

Namun, beberapa alasan mengatakan bahwa jari manis kiri memiliki pembuluh vena yang langsung terhubung ke jantung, sehingga melambangkan ikatan yang menyatu dengan hidup.

Sedangkan nantinya ketika menikah, cincin akan dikenakan di jari manis kanan. Seperti pada jari manis kiri, tidak ada alasan spesifik yang menjelaskan tentang keharusan ini selain karena tradisi turun temurun.

5. Desain 

Cincin lamaran atau tunangan biasanya memang lebih fleksibel dalam hal desain dibandingkan dengan cincin nikah. Anda dapat menggunakan berbagai desain cincin untuk cincin lamaran.

Umumnya, yang sering dipakai adalah desain solitaire yang menggunakan satu batu permata yang menonjol. Desain lain yang juga umum digunakan adalah three stone. Sesuai dengan namanya, maka cincin ini menggunakan tiga buah batu permata sebagai hiasan.

Berbeda dengan cincin lamaran, cincin nikah umumnya memiliki desain yang lebih sederhana. Ada banyak pasangan yang memilih desain minimalis berupa lingkaran polos tanpa batu permata.

Ada pula yang masih menyematkan batu permata namun umumnya hanya satu kecil dan diletakkan rata dengan permukaan cincin. Hal ini dikarenakan ada mitos yang mengatakan bahwa cincin pernikahan yang baik adalah yang berbentuk lingkaran sempurna dan permulaannya polos.

6. Harga

perencanaan finansial keluarga

id.pinterest.com

Sebenarnya masalah harga tidak memiliki standar baku. Namun, umumnya, harga cincin nikah lebih mahal dibandingkan dengan cincin lamaran. Sebab, pernikahan lebih penting dibandingkan dengan lamaran, jadi harus menggunakan cincin yang lebih mewah karena merupakan benda penting yang dipakai selamanya.

Terlebih lagi cincin nikah umumnya berjumlah sepasang dan cincin lamaran hanya satu buah saja. Tentu harga dua buah cincin lebih mahal dibandingkan dengan satu buah. Namun kembali lagi kepada jenis bahan cincin, hiasan cincin, kualitas dan lain sebagainya. Tapi, jangan khawatir, Anda bisa menentukan sendiri berapa budget yang ingin dikeluarkan untuk persiapan cincin kalau pesan secara custom di Hijaz Moslem Jewelry.

7. Berat

pengukuran berat cincin

Perbedaan lainnya tentang cincin lamaran dan nikah terletak pada berat cincin. Untuk cincin nikah, berat yang disarankan minimal adalah 4 gram, sedangkan untuk cincin lamaran tidak ada aturan yang mengharuskan tentang berat cincin.

Namun, sekali lagi, aturan tersebut hanyalah panduan. Bagi penganut paham kekinian dan juga kesederhanaan, tentu berat tidak jadi masalah. Hal yang terpenting adalah keberadaan cincin yang hanya menjadi simbol dan tentunya komitmen yang lebih diutamakan.

8. Durasi Penggunaan

Cincin lamaran digunakan ketika proses lamaran terjadi hingga nantinya proses pernikahan tiba. Jadi pihak wanita mengenakan cincin tersebut sebagai tanda selama proses menunggu.

Jadi, durasi penggunaan cincin lamaran hanya sementara. Sedangkan durasi pemakaian cincin pernikahan lebih lama daripada cincin lamaran. Dimulai dari saat prosesi pernikahan hingga nanti maut memisahkan.

Boleh Sama Atau Tidak?

· Preferensi

Tidak ada aturan baku yang mengharuskan cincin lamaran berbeda dengan cincin nikah atau harus sama. Semuanya tergantung dari pasangan tersebut.

Ada banyak alasan dibalik pemilihan cincin lamaran dan cincin nikah. Bahkan terkadang ada yang menggunakan cincin warisan ibu sebagai cincin lamaran kepada pihak wanita, sedangkan untuk cincin nikah harus dibeli baru bersama pasangan.

Ada pula yang membedakan antara cincin lamaran dengan pernikahan karena alasan sentimentil. Dengan cincin yang berbeda untuk momen yang berbeda maka akan menandai momen tersebut secara spesial. Namun kembali lagi, semuanya adalah tergantung pertimbangan masing-masing.

· Anggaran

perencanaan finansial keluarga

id.pinterest.com

Lamaran dan pernikahan adalah acara yang membutuhkan dana yang cukup besar. Maka pemilihan cincin lamaran dan pernikahan, entah berbeda atau sama, pasti tergantung dari anggaran.

Jika dana tidak menjadi masalah, begitu pula dengan waktu untuk memilih cincin dan lain sebagainya, maka sah saja jika ingin membedakan antara cincin lamaran dengan pernikahan.

Tetapi jika anggaran merupakan sektor yang harus dihemat, maka ada baiknya jika cincin lamaran disamakan dengan cincin nikah. Lagipula, tidak ada keharusan untuk hal ini.

Memilih cincin lamaran dan nikah memang terkadang susah-susah gampang. Ada banyak pilihan yang ada di pasaran, namun tidak semua toko memberikan jaminan kualitas yang berimbang. Jika Anda membutuhkan cincin yang berkualitas, maka kunjungi saja Hijaz Moslem Jewelry atau langsung ke websitenya di cincinplatinum.id. Anda bisa memilih cincin sesuai keinginan dan dapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan.

Bagikan ke

Perbedaan Cincin Lamaran dan Nikah Terlengkap

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Perbedaan Cincin Lamaran dan Nikah Terlengkap

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: