fb
Beranda » Blog » Cincin Halal Bagi Muslim, Apa Saja?

Cincin Halal Bagi Muslim, Apa Saja?

Diposting pada 26 October 2020 oleh Khulatul Asfiyah / Dilihat: 1.711 kali

Larangan penggunaan emas bagi pria muslim

Pernah dengar dong kalau laki-laki itu dilarang menggunakan emas? Lalu bagaimana hukumnya jika laki-laki menggunakan cincin kawin? Ada banyak adat dan budaya pernikahan yang harus dipertimbangkan lagi untuk diikuti atau tidak karena berbagai alasan. Bahkan karena penemuan ilmiah dan ilmu pengetahuan, banyak dari adat yang dulunya berlaku mengalami perubahan konsep atau unsurnya. Termasuk dalam penggunaan cincin emas sebagai perhiasan tunangan atau pernikahan bagi pria. Lalu, cincin halal bagi muslim itu yang seperti apa?

Pria dan wanita memiliki peratauran dan kondisi biologis yang jelas berbeda. Hal tersebut pun membawa konsekuensi yang berbeda pada gaya hidupnya kemudian. Salah satunya adalah saat mereka menentukan aksesoris atau perhiasan. Termasuk saat menentukan cincin pernikahan. Dikutip dari beberapa sumber, penggunaan perhiasan emas.

cincin rasulullah - perak

muslm.okezone.com

Rasulullah SAW juga mengenakan cincin. Tokoh yang punya pengaruh besar dalam penyebaran agama Islam tersebut mengenakan cincin sebagai salah satu benda yang dikenakannya. Saat itu beliau pergunakan untuk mengesahkan beberapa kebijakan. Tentu saja karena Rasulullah sendiri tidak bisa baca tulis, sehingga mengganti tanda tangan dengan stempel dari cincinnya.

Berbeda dengan wanita yang degan bebas dan sah-sah saja mengenakan emas sebagai penunjang penampilannya, kaum adam sangat dilarang menggunakan logam emas sebagai apapun, termasuk sebagai perhiasan pernikahan.

Rasulullah Saw bersabda :

Dari Abu Musa al-Asy’ari bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, Diharamkan bagi kaum laki-laki dari ummatku memakai sutera dan emas dan diperbolehkan bagi kaum wanita” (HR. At-Tirmidzi, dan an-Nasai)
Dalam bentuk apapun, pria sangat dilarang menggunakan segala macam benda dengan kandungan emas. Hal ini tentu saja membuat mereka harus lebih berhati-hati saat akan menentukan persiasan pernikahan atau lamaran.

Sebagai bahan alternatif penggantinya, Anda para pria yang tetap ingin menggunakan cincin kawin atau tunangan, bisa menggunakan dua bahan berikut ini :

PLATINUM

Platidium merupakan bahan logam mulia yang terbuat dari bahan palladium dan platinum. Bahan yang banyak disebut juga dengan platinum premium karena bahan campurannya tak kalah berkualitasnya. Tidak semua orang mengenal apa itu platidium. Logam ini bisa juga disebut sebagai bahan platinum premium, karena memiliki campuran logam yang cukup baik kualitasnya. Oleh karenanya, cincin dari bahan ini memiliki banyak kelebihan, diantaranya adalah seperti berikut ini :

  • Tidak mudah tergores. Meskipun terkena bahan tajam dan tumpul, cincin dari bahan ini tidak akan meninggalkan bekas goresan. Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan turun nilai kecantikannya
  • Anti karat. Tahukah kamu kalau logam ini juga anti karat? meskipun sering terkena air dan udara, cincin dari bahan ini tidak akan mengalami korosi.
  • Anti alergi. Punya alergi terhadap logam? tidak perlu khawatir karena perhiasan dari bahan premium ini tidak akan menimbulkan gatal, ruam atau indikasi alergi semacamnya. Sehingga aman untuk kesehatan. Tidak heran juga jika banyak peralatan medis digunakan dari bahan platinum ini. keamanannya sangat tinggi
  • Halal untuk muslim.

PALLADIUM

Palladium ini belakangan makin populer. Bahan logam tersebut jelas aman untuk kesehaan. Palladium ini memiliki kelebihan seperti yang hampir sama dengan platidium, hanya saja warnanya cukup gelap, dan kepadatannya sedikit berada di bawahnya. Logam palladium juga masih termasuk dalam jenis keluarga platina.

Meski platinum/platidium dan palladium memiliki tingkat kekerasan yang cukup kuat, cincin dari bahan-bahan tersebut tetap cantik dan kokoh loh untuk dijadikan cincin. Berikut ini beberapa contoh gambar cincin tunangan/kawin dari bahan-bahan tersebut :

PERAK

cincin halal untuk muslim

Dua pilihan di atas adalah pilihan bahan yang cukup rekomended cincin halal untuk muslim. Selain kedua bahan tersebut, ada juga perak. Perak ini banyak digunakan sebagai perhiasan.

Perak juga jadi salah satu pilihan cincin selain emas. Bahan ini juga digunakan oleh rasulullah SAW. Perak cukup mudah ditemukan. Ciri utama perak adalah cukup ringan. Perhiasan ini cukup nyaman digunakan karena tidak berat di jari. Hanya saja, di balik kelebihannya yang ringan dan murah, perak juga memiliki kelemahan yang membuat banyak orang dilema ketika ingin memilihnya. Apa saja? Ini beberapa diantaranya :

  • Mudah kusam
  • rentan terkena goresan dan meninggalkan bekas
  • Mudah patah
  • Bisa menimbulkan alergi terutama  jika perak dengan campuran nikel (kualitas rendah)

Karena beberapa hal tersebut, untuk Anda yang memiliki alergi atau banyak aktivitas luar, ada baiknya memilih bahan selain perak. Sudah tentu harus ada perlakuan khusus seperti perawatannya agar tidak mudah patah, tergores atau menghitam. Jika Anda memiliki banyak aktivitas berat, maka memilih cincin dari bahan palladium atau platidium bisa jadi solusinya. Namun, semua kembali lagi ke selera masing-masing. Semoga informasi cincin halal bagi muslim ini membantu.

Tags: ,

Bagikan ke

Cincin Halal Bagi Muslim, Apa Saja?

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Cincin Halal Bagi Muslim, Apa Saja?

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: